Selasa, 25 Maret 2014

Sistem Informasi Manajemen (SIM)


Halo kawan, setelah sekian lama tidak membuat tulisan, kini akhirnya saya datang dan muncul kembali untuk berbagi tulisan mengenai Sistem Informasi Manajemen. Tulisan ini dibuat karena untuk menerapkan memenuhi tugas mata kuliah SIM serta sebagai catatan hasil pembelajaran yang didapat selama perkuliahan SIM berlangsung. Berikut adalah sedikit teori mengenai Sistem Informasi Manajemen :

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Secara teoritis pengertian dari Sistem Informasi Manajemen adalah sebagai berikut :
  • Sistem yaitu kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama yang lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan.
  • Informasi yaitu hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untuk menambah pemahaman terhadap fakta-fakta yang ada.
  • Manajeman yaitu sebuah proses pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan secara efektif dan efisien.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) menurut O’Brien (2002) dikatakan bahwa SIM adalah suatu sistem terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan operasional, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi. Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen (Wikipedia, 2010).

 
Tujuan SIM, yaitu:
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
 Menurut O’brien (2010) SIM merupakan kombinasi yang teratur antara people, hardware, software, communication network dan data resources. Kelima unsur tadi disebut komponen sistem informasi yang mengumpulkan, merubah dan menyebarkan informasi dalam organisasi. Komponen-komponen sistem informasi dapat dilihat pada gambar 1 :

 

Gambar 1.  Komponen Sistem Informasi. Sumber: (O’Brien,2010)

Menurut O’Brien (2005), terdapat 3 peran utama sistem informasi dalam bisnis yaitu:
  • Mendukung proses bisnis dan operasional
  • Mendukung pengambilan keputusan
  • Mendukung strategi untuk keunggulan kompetitif

 

Gambar 2. Tiga Peran Utama Sistem Informasi. Sumber: (O’Brien, 2010)

Menurut O’Brien (2005), secara konsep aplikasi sistem informasi yang diimplementasikan dalam dunia bisnis saat ini dapat diklasifikasikan sebagai sistem informasi operasi atau manajemen seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.



Gambar 3. Jenis Sistem Informasi
Referensi :
http://idyncoupiez.blogspot.com/2013/04/management-information-sistem-mis.html
http://chiez.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/12/27/implementasi-sistem-informasi-untuk-menunjang-kegiatan-strategis-perusahaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar